UKM U An-Niswa

Rabu, 14 Juni 2023

 Diskusi Rutin Divisi Gender

“Kesehatan Reproduksi Remaja, Permasalahan dan Upaya Pencegahannya”

Pemateri: Zalfa Eka Pertiwi

Rabu, 14 Juni 2023


      KESPRO atau Kesehatan Reproduksi adalah Kesejahteraan fisik, mental, dan social yang secara utuh dan menyeluruh bukan hanya bebas dari penyakit, dalam segala aspek yang berkaitan dengan system reproduksi, fungsi, serta prosesnya. Usia Remaja adalah usia antara 15-24 tahun, di usia tersebut emosi psikisnya semakin meningkat hingga timbul rasa ingin coba-coba yang tinggi dan jika tidak ada pendidikan akan hal-hal kesehatan reproduksi maka dapat menimbulkan berbagai permasalahan reproduksi. Oleh karena itu, adanya sosialisasi dan penyuluhan terhadap remaja mengensi kesehatan reproduksi sangatlah penting.

  Beberapa permasalahan mengenai kesehatan reproduksi yaitu kehamilan yang tidak diinginkan, penularan penyakit seksual, dan lainnya. Jika sudah timbul permasalahan seperti hamil diluar nikah, pastinya menimbulkan rasa malu dan rasa ingin menghilangkan janin dengan cara yang tidak aman atau dapat disebut dengan aborsi.

    Kemudian penyakit menular seksual lainnya yaitu HIV. HIV dapat ditularkan lewat hubungan seksual yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Kemudian penyakit HIV juga dapat ditularkan berdasarkan orang tua yang mempunyai riwayat HIV, melalui jarum suntik, dan transfusi darah. Terdapat mitos bahwa orang yang mempunyai penyakit HIV tidak bisa punya anak. Mereka dapat memiliki anak, namun pastinya sebelum berkeinginan untuk memiliki anak penderita HIV akan memikirkannya berulang kali, sebab apabila dia memutuskan mempunyai anak maka resikonya istri dan anak juga akan tertular HIV. Jadi anak-anak maupun remaja dan dewasa bisa berkemungkinan tertular penyakit HIV jika tidak hati-hati.

       Lalu, bagaimana pencegahan terhadap penyakit reproduksi? Jangan lupa untuk menjaga organ reproduksi dengan mengganti celana dalam sehari sekali, pakai celana dalam yang menyerap keringat, potong rambut pada kemaluan agar bersih dengan memakai handuk kering, dan bagi laki-laki muslim bisa disunat, bagikan informasi tentang kespro pada orang terdekat dan kemudian ke khalayak ramai agar orang-orang mengetahuinya dan mengaplikasikannya dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TASYAKURAN WISUDA & FIRST GATHERING UKMU AN-NISWA Minggu, 20 Agustus 2023            Tasyakuran wisuda dan first gathering merupakan ...