UKM U An-Niswa

Minggu, 07 Mei 2023

 PEKAN AN-NISWA 2023

"Being Quality Youth in Nation Life: Be Aware, Be Fair, and Action"


      Pekan An-Niswa merupakan acara tahunan bergengsi yang diselenggarakan oleh UKMU An-Niswa yang mana rangkaian kegiatannya meliputi poster and essay competition dan seminar nasional. Pekan An-Niswa tahun 2023 ini mengangkat tema "Being Quality Youth in Nation Life: Be Aware, Be Fair, and Action." Tujuan utama diadakannya event ini yaitu berkaitan dengan edukasi mengenai persoalan dan pentingnya pemahaman Gender, Napza, dan LSO PIK bagi generasi muda, mengingat di Indonesia tak jarang terdengar kasus mengenai persoalan tersebut. Selain itu, tujuannya sebagai ajang untuk membranding UKMU An-Niswa supaya semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

    Rangkaian kegiatan yang pertama dilakukan yaitu "Poster and Essay Competition." Dimana perlombaan tersebut dibuka untuk umum baik dari tingkat SMA maupun mahasiswa/i dari perguruan tinggi se-Indonesia. Perlombaan ini mampu menarik peserta dalam jumlah ratusan, peserta dari poster competition sejumlah 200 orang dan untuk peserta essay competition sejumlah 400 orang. Dengan banyaknya peserta yang ikut menunjukkan bahwa Pekan An-Niswa merupakan acara bergengsi yang menarik untuk diikuti. Dengan mengikuti perlombaan ini peserta tentunya tidak hanya mendapatkan experience baru namun ada benefit lain yang didapatkan seperti sertifikat penghargaan, uang pembinaan bagi juara lomba, dan KIT. Setelah proses seleksi pemenang selesai, tibalah saatnya pengumuman. Untuk kategori poster diambil 3 terbaik yaitu: 

  1. Ni Kadek Ayu Indah Artiwi dari Universitas Mataram "Jangan Biarkan Media Sosial Merusak Mental Remaja"
  2. Farizal Sapikul Kholpik dari IPB University "Kesehatan Mental pada Remaja"
  3. Citra Ayu Kusrina dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta "Hati-hati Sama Procrastination Kalau Mau Mentalmu Sehat"

Sementara untuk juara essay yaitu:

  1. Muhammad Putra Andika dari Universitas Diponegoro "The Younger Generation is Aware of Woman Gender Equality: Through education and Media"
  2. Rifana Khairunnisa dari Universitas Semarang "Mendamaikan Inner Child untuk Kesehatan Emosional & Mental Bagi Generasi Muda"
  3. Ananda Alfikro dari UIN Walisongo Semarang "Representasi dan Korelasi Lagu Runtuh terhadap Perilaku Sex Bebas dalam Tinjauan Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh dalam Semboyan Masyarakat Jawa Barat"


           Kemudian, puncak acara dari pekan An-Niswa yaitu Seminar Nasional yang digelar tepat pada tanggal 4 Mei 2023 secara offline di Teater Lt 3 Prof. Qodry Azizi Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang. Mengingat peserta lomba dari berbagai daerah dan tidak mungkin hadir secara offline maka seminar nasional dilakukan juga secara online. Seminar nasional yang diselenggarakan mengundang beberapa pemateri yang luar biasa, keynote speakernya yaitu Eko Novi Ariyanti R. D. (Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Anak) & Dra. Budi Dayanti, MSi. (Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera). Selain itu, speaker yang lainnya yaitu Iis Amalia, S.Psi, M.Psi (Psikolog) & Jamaluddin Ma'ruf S.farm (Apt BNN Provinsi Jawa Tengah). Seminar nasional ini dihadari oleh berbagai tamu undangan seperti dari sekolah SMA/SMK, UKM Peer Conselor, Pembina An-Niswa, dll. Meskipun ada beberapa kendala teknis di ruang online (zoom), namun acara tersebut tetap berlangsung dengan lancar sampai akhir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TASYAKURAN WISUDA & FIRST GATHERING UKMU AN-NISWA Minggu, 20 Agustus 2023            Tasyakuran wisuda dan first gathering merupakan ...