UKM U An-Niswa

Selasa, 14 Maret 2023

 




Diskusi Rutin NAPZA

 Jum’at 3 Maret 2023

MEMBINA KESADARAN ANTI NAPZA TERHADAP MAHASISWA

Pemateri: Ibnu Fauzan (Koordinator NAPZA 2019)


Sebagai mahasiswa kita masih membutuhkan pembelajaran, masukan, maupun binaan dari orang lain. Mahasiswa dikatagorikan sebagai golongan remaja menuju dewasa, dimana kita sudah bisa memahami mana yang baik dan mana yang batil. Berkaitan dengan tema kita "Membina Kesadaran Anti NAPZA Terhadap Mahasiswa" Maka mahasiswa perlu dan masih membutuhkan binaan agar kelak setiap mahasiswa tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Lalu bagaimana si cara membina diri sendiri?:

Pertama, selektif dalam memilih pergaulan, dimana setiap individu pastinya memiliki perbedaan karakter dan sifat, jika kita bergaul dengan orang baik maka kita akan menjadi baik, dan jika kita bergaul dengan orang yang salah tidak menutup kemungkinan kita juga akan menjadia orang yang salah.

Kedua, kita harus meningkatkan keimanan, keimanan disini mengarah kepada Ketuhanan, dimana kita harus meningkatakan keimanan kita agar tidak goyah diterpa zaman yang semakin parah ini.

Ketiga, yaitu dengan membina diri agar berani untuk melaporkan pengguna atau pengedar narkoba agar meminimalisir penyimpangan sosial yang ada di masyarakat.

Kita sebagai UKM U ANNISWA harus ikut berperan aktif dalam membina dan meningkatkan kesadaran orang sekitar untuk menggaungkan anti NAPZA itu sendiri. Dengan salah satu bidang Anniswa yakni divisi NAPZA ada banyak cara yang dapat dillakukan untuk meningkatkan kesadaran lingkup mahasiswa. Seperti dengan melaksanakan diskusi-diskusi rutin, dimana akan menimbulkan interaksi dengan orang banyak, saling bertukar pikiran, pendapat, dan opini serta dapat memberikan pelatihan-pelatihan kecil kepada peserta diskusi. Lalu kita juga bisa mengkampanyekan stop NAPZA seperti dengan menyebarkan flyer, poster, banner, bahkan melalui media sosial. Serta kita juga bisa menjadi pemateri atau pembicara terkait menggaungkan sikap anti NAPZA.

Sebagai seorang pemateri dalam menyampaikan atau mengedukasi sebuah materi pastinya perlu adanya persiapan terlebih dahulu seperti bagaimana cara menyampaikannya dan pembahasan apa saja yang ingin disampaikan agar maksud dan tujuan pemateri tersampaikan dengan baik dan jelas. Tidak jarang bagi pemateri menemukan audience yang belum paham dengan topik pembahasan yanga akan dibahas, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi pemateri dalam menyampaikan materi, seperti bagaimana cara mengedukasi audience yang belum paham akan dampak dari NAPZA atau bahkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh kita sebagai pemateri, yakni sebagai berikut :

1.     Menyederhanakan bahasa ilmiah menjadi bahasa baku yang lebih mudah dipahami dan dimengerti.

2.     Menyesuaikan dan memahami audience dengan perbedaan rentang usia seperti anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Karena kita sebagai pemateri tidak boleh menyamaratakan cara penyampaian setiap orang.

3.     Menggunakan alat bantu atau alat peraga yang menarik agar audience tidak merasa bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  TASYAKURAN WISUDA & FIRST GATHERING UKMU AN-NISWA Minggu, 20 Agustus 2023            Tasyakuran wisuda dan first gathering merupakan ...